twitter
rss

Undangan Nikah Digital Web


Alat ekskresi dan reproduksi pada manusia memang sangat penting, alat ekskresi berguna untuk mengeluarkan zat sisa yang tidak berguna tubuh, baik dari kulit atau ginjal. Sedangkan alat reproduksi yaitu proses terbentuknya individu baru, yang bertujuan untuk melestarikan spesies agar tidak punah.
Karena pentingnya organ tersebut kita harus bersyukur kepada Tuhan dan juga menjaganya agar tidak terjadi kelainan pada organ tersebut. Berikut adalah Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Ekskresi dan Reproduksi.

1. PENYAKIT DAN KELAINAN PADA SISTEM EKSKRESI

   A. Ginjal
  • Batu Ginjal
Batu ginjal terjadi karena pengendapan garam kalsium karbinat pada rongga ginjal, saluran ginjal atau kantung kemihBatu ginjal berbentuk kristal yang tidak bisa larut. Penyebabnya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi garam mineral dan sedikit minum.
  • Nefritis
Nefritis adalah kerusakan bagian glomerulus ginjal akibat racun kuman. Nefritis disebabkan adanya bakteri Streptococcus
  
  B. Kulit

  • Skabies
Skabies disebut pula "seven-year itch" atau bahasa jawanya disebut koreng atau gudig. Penyakit tersebut disebabkan oleh Parasit insekta yang sangat kecil atau Sarvoptes scabies.  Penyakit ini dapat menular pada orang lain jika bersentuhan langsung.
  • Jerawat
Jerawat merupakan gangguan umum yang bersifat kronis pada kelenjar keringat. Jerawat biasanya dialami anak remaja. Pemijitan atau terlalu sering disentuh harus dihindari, hal ini dikarenakan dapat menimbulkan infeksi. Cara pencegahannya yaitu makan makanan yang seimbang, sering berolahraga dan menjaga kebersihan kulit.


2. PENYAKIT DAN KELAINAN PADA SISTEM REPRODUKSI

  • Sifilis

Sifilis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri. tandanya adalah terjadi luka pada alat kelamin, rektum, lidah, dan bibir. Kemudian pembengkakan getah bening pada bagian paha, bercak-bercak diseluruh tubuh, tulang dan sendi terasa ruam pada tubuh. khususnya tangan dan kaki. Tanda-tanda tersebut bisa hilang, namun bakteri penyebab penyakit masih didalam tubuh. Penyakit ini dapat disembuhkan jika dilakukan pengobatan dengan antibiotik dengan cepat.
  • Gonore (Kencing nanah)
Gonore disebabkan oleh bakteri. Gejala dari Gonore adalah keluarnya cairan seperti nanah dari saluran kelamim, rasa panas dan sering kencing. Bakteri penyebab penyakit ini dapat menyebar ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan nyeri pada persendian dan dapat mengakibatkan kemandulan. Penyakit ini dapat disembuhkan jika dilakukan pengobatan dengan antibiotik dengan cepat.
  • Herpes Genetalis
Herpes Genetalis disebabkan oleh virus. Virus penyebab penyakit tersebut adalah Herpes simpleks. Gejala yang dialami penderita antara lain rasa gatal atau sakit pada dareah penyakit daerah kelamin dan adanya luka yang terbuka atau lepuhan berair.

Sekian sedikit informasi tentang Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Ekskresi dan Reproduksi dari saya. jika sekiranya bermanfaat atau ada yang kurang silahkan tinggalkan komentar dengan baik. Terima Kasih Banyak...

0 comments:

Post a Comment